Selasa, 22 September 2015

Apa itu NodeJS?

Node.js adalah sangat kuat berbasis JavaScript framework / platform dibangun di Google Chrome JavaScript V8 mesin. Hal ini digunakan untuk mengembangkan I / O aplikasi web intensif seperti streaming situs video, aplikasi satu halaman, dan aplikasi web lainnya. Node.js adalah open source, benar-benar gratis, dan digunakan oleh ribuan pengembang di seluruh dunia.

Para penonton
Tutorial ini dirancang untuk programmer perangkat lunak yang ingin mempelajari dasar-dasar Node.js dan konsep arsitektur. Tutorial ini akan memberikan Anda cukup pemahaman pada semua komponen yang diperlukan dari Node.js dengan contoh-contoh yang sesuai.

Prasyarat
Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini, Anda harus memiliki pemahaman dasar JavaScript. Seperti kita akan mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan Node.js, itu akan baik jika Anda memiliki beberapa pemahaman tentang teknologi web lainnya seperti HTML, CSS, AJAX, dll

Mengeksekusi Node.js online
Untuk sebagian besar dari contoh yang diberikan dalam tutorial ini, Anda akan menemukan Cobalah pilihan, jadi hanya menggunakan opsi ini untuk menjalankan program Node.js Anda di tempat dan menikmati belajar Anda.

Coba contoh berikut menggunakan Cobalah pilihan yang tersedia di pojok kanan atas kotak kode contoh di bawah (di website kami):

/* Hello World! program in Node.js */
console.log("Hello World!");

Node.js adalah platform sisi server dibangun di Google Chrome JavaScript mesin (V8 Engine). Node.js dikembangkan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009 dan itu adalah versi terbaru v0.10.36. Defintion dari Node.js sebagai dimasukkan oleh dokumentasi resmi adalah sebagai berikut:

Node.js® adalah platform yang dibangun di atas JavaScript runtime Chrome untuk dengan mudah membangun cepat, aplikasi jaringan scalable. Node.js menggunakan event-driven, non-blocking I / O model yang membuatnya ringan dan efisien, sempurna untuk aplikasi real-time data-intensif yang berjalan di perangkat didistribusikan.

Node.js merupakan open source, Lingkungan cross-platform Runtime untuk server-side dan aplikasi jaringan. Aplikasi Node.js ditulis dalam JavaScript, dan dapat dijalankan dalam runtime Node.js pada OS X, Microsoft Windows, dan Linux.

Node.js juga menyediakan perpustakaan yang kaya berbagai modul JavaScript yang memudahkan developement aplikasi web menggunakan Node.js untuk luasan yang besar.

Node.js = Runtime Environment + JavaScript Library

Fitur Node.js
Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang membuat Node.js sebagai pilihan pertama arsitek software.

Aynchronous dan Event Driven Semua API perpustakaan Node.js adalah aynchronous yang non-blocking. Ini pada dasarnya berarti server berbasis Node.js pernah menunggu untuk API untuk kembali data. Server bergerak ke API berikutnya setelah memanggil dan mekanisme pemberitahuan Peristiwa dari Node.js membantu server untuk mendapatkan respon dari panggilan API sebelumnya.

Sangat Cepat Menjadi dibangun di Google Chrome V8 JavaScript engine, perpustakaan Node.js sangat cepat dalam eksekusi kode.

Tunggal Threaded tapi sangat Scalable - Node.js menggunakan model ulir tunggal dengan acara perulangan. Mekanisme acara membantu server untuk merespon dalam cara non-bloking dan membuat server yang sangat scalable sebagai lawan server tradisional yang membuat benang yang terbatas untuk menangani permintaan. Node.js menggunakan program ulir tunggal dan program yang sama dapat layanan jumlah yang jauh lebih besar dari permintaan dari server yang tradisional seperti Apache HTTP Server.

Tidak Buffering - Node.js aplikasi tidak pernah buffer data apapun. Aplikasi ini hanya output data dalam potongan.

Lisensi - Node.js dirilis di bawah lisensi MIT.

Siapa yang Menggunakan Node.js?
Berikut ini adalah link di github wiki yang berisi daftar lengkap dari proyek, aplikasi dan perusahaan yang menggunakan Node.js. Daftar ini termasuk eBay, General Electric, GoDaddy, Microsoft, PayPal, Uber, Wikipins, Yahoo !, Yammer dan daftar terus.

konsep
Diagram berikut menggambarkan beberapa bagian penting dari Node.js yang akan kita bahas secara rinci dalam bab-bab berikutnya.


konsep
Diagram berikut menggambarkan beberapa bagian penting dari Node.js yang akan kita bahas secara rinci dalam bab-bab berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar